Si Penemu USB (Universal Serial Bus)

USB atau singkatan dari Universal Serial Bus ditemukan oleh Ajay V. Bhatt, seorang arsitek komputer India-Amerika. Ia lahir di India dan sekarang bertempat tinggal di Oregon, USA. Ajay Bhatt telah berperan dalam mendorong definisi dan pengembangan teknologi luas diadopsi seperti USB (Universal Serial Bus), AGP (Accelerated Graphics Port), PCI Express, arsitektur Platform Power manajemen dan perangkat tambahan berbagai chipset. Ajay Bhatt meningkat menjadi selebriti dunia sebagai penemu USB melalui iklan TV Intel 2009, dimana ia digambarkan oleh aktor Sunil Narkar.
Setelah menyelesaikan lulus dari Universitas Sayajirao Maharaja Baroda - India, Bhatt menerima gelar master dari Universitas Kota New York. Bhatt bergabung dengan perusahaan Intel pada tahun 1990 sebagai arsitek staf senior pada tim arsitektur chipset di Folsom. Dia memegang sepuluh paten AS dengan beberapa dalam berbagai tahap pengajuan. Pada tahun 1998, 2003 dan 2004 Bhatt dinominasikan untuk mengambil bagian dalam Distinguished Seri Kuliah di universitas-universitas terkemuka di Amerika Serikat dan Asia. Dia menerima Prestasi di Excellence Award untuk kontribusinya dalam pengembangan spesifikasi PCI Express pada tahun 2002.

Bhatt adalah arsitek-ahli yang diakui pada teknologi I / O ( Input-Output) system. Bhatt memimpin definisi dan perkembangan arsitektur Platform generasi Client di Intel. Bhatt terus memegang posisi kepala arsitek Intel yang membidangi I /O, di mana dia bertanggung jawab untuk platform dan I / O interkonek petunjuk untuk Intel.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Ajay_Bhatt