Beberapa Hal yang menyebabkan laptop anda menjadi Lambat beserta solusinya

Laptop kamu makin lama makin lambat, lelet, lemot seiring dengan waktu kamu menggunakannya?? Hal ini pastinya sangat menjengkelkan apalagi kita termasuk orang yang sehari-harinya tidak pernah lepas dari Laptop untuk mendukung segala rutinitas pekerjaan kita. Baik itu bekerja untuk kantor, tugas-tugas ataupun aktifitas yang mengharuskan online di internet. Secara garis besar ada dua hal yang mempengaruhi kinerja laptop anda , yaitu Hardware dan Software.

Dari sisi hardware : 

Processor yang terlalu panas 
Prosessor yang terlalu panas biasanya karena kurang mendapat pendinginan yang baik sehingga dapat menyebabkan lambatnya kinerja system itu sendiri.

Solusi : 
Kebersihan bagian hardware perlu mendapatkan perhatian khusus. Jangan hanya bisa menggunakan tanpa merawat laptop , karena bagian-bagian tersebut yang menyebabkan komputer dapat bekerja dengan baik. Lakukan pembersihan secara berkala pada bagian dalam laptop dari debu, kotoran dll. Bersihkan dengan kuas yang tidak terlalu keras, bersihkan prosessor beserta kipas dan komponen lain. Perhatiakan pula exhaust fan dan ventilasi agar tidak tertutup sehingga sirkulasi udara berjalan baik. 
Jika anda tidak faham mengenai bongkar pasang laptop ada bisa datang ketempat service laptop dikota anda untuk melakukan service secara berkala ( bukan repair ).

Memory (RAM) kurang besar
Memory (RAM) yang terlampau kecil sehingga tidak mampu mendukung performa system. Memory yang terlampau kecil sangat mempengaruhi kinerja system laptop secara keseluruhan. Lambatnya laptop saat membuka dan menjalankan beberapa program pada saat bersamaan merupakan salah satu indikator memory yang kurang.  

Solusi :
Tambahkan/up-grade memory menjadi lebih besar sehingga akan meningkatkan speed / kecepatan laptop anda.


Dari sisi software : 

Operating System (OS) dan Program terinstal tidak kompatibel dengan hardware.
OS harus sesuai dengan kemampuan hardware, begitu pula program yang akan diinstal haruslah kompatibel dengan OS itu sendiri.

Visual Effect yang mempengaruhi performa system.
Visualisasi dan tampilan desktop Windows secara default memang menggunakan themes yang menarik dan membuat tampilan desktop menjadi lebih keren. Tapi tahukah kamu sebenarnya themes tersebut akan mempengaruhi kecepatan komputer?

Terlalu banyak aplikasi program yang ikut dipanggil pada saat startup sehingga akan memperlambat proses ketika menyalakan komputer pertama kali. 
Hal ini disebabkan karena pada saat kita menginstal suatu program, tidak membaca dengan cermat proses instalasi,  sehingga terbiasa meng-klik "Next". Sebenarnya pada step by step proses instalasi ditanyakan apakah program tersebut diikutkan pada saat startup atau tidak. Padahal belum tentu kita pasti memerlukannya setiap kali menggunakan komputer bukan?

Drive tempat dimana Windows terinstal terlampau penuh.
Akibatnya tidak cukup ruang pada hard disk untuk virtual memory sehingga komputer terasa lemot ketika menjalankan banyak aplikasi.

Terlalu banyak program terinstall sehingga total hardisk kepenuhan.
Prioritaskan hanya menginstall program penting yang sering digunakan.

Management file pada hard disk yang tidak teratur.
Kebiasaan menempatkan file-file secara sembarangan dan proses hapus-tulis (copy sana-sini, pindah sana-sini) akan mempengaruhi kinerja system secara keseluruhan.

Terlalu banyak membuka program.
Nah penyebab ini yang paling parah, kebanyakan pengguna masih melakukan hal ini tanpa menyadarinya. Memaksakan membuka aplikasi berlebihan padahal RAM pas-pasan serta kapasitas sisa ruang hardisk sangat sedikit jelas-jelas memperlambat system keseluruhan.

Komputer terjangkit virus.
Virus pada system sangat mempengaruhi kinerja system dan otomatis memperlambat system secara keselurahan.Instal antivirus adalah wajib hukumnya dan harus dipastikan antivirus selalu terupdate. Lebih baik mencegah daripada memberangus setelah virus menyebar. Carilah referensi mengenai antivirus yang ringan dan sesuai untuk spesifikasi komputer kamu.